Precise: Journal of Economic
Vol 3 No 1 (2024): Edisi: April 2024

Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Watallipue Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo

Ahmad Muktamar B (Unknown)
Kori Hartono (Unknown)
Faisal (Unknown)
Sukena (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Watallipue Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Watallipue. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 orang, pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yang sederhana dan mudah dihitung. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan Uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil regresi linier sederhana menunjukkan persamaan pada garis regresi Y = 4,02 + 0,89X, artinya jika kinerja pegawai (X) nilainya 0,89 maka kualitas pelayanan (Y) nilainya sebesar 4,02. (2) Hasil uji koefisien korelasi (r) menghasilkan nilai sebesar 0,82 interpretasinya sangat kuat (3) hasil koefisien determinasi (r²) menghasilkan nilai sebesar 0,67 atau 67%. Ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai (X) berpengaruh sebesar 67% terhadap kualitas pelayanan (Y), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. (4) Hasil uji t_hitung dan t_tabel maka dapat diketahui bahwa t_hitung menunjukkan angka 10,7584 dan nilai t_tabel menunjukkan angka 1,67252. Sehingga t_hitung > t_tabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Ini membuktikan bahwa kinerja pegawai (X) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan (Y).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

precise

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal yang enyajikan penelitian kuantitatif dan kualitatif yang tepat tentang topik yang berkaitan dengan ilmu ekonomi dan ...