Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 10 No. 4 (2024)

Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dengan Penggunaan Media Wordwall Pada Pembelajaran PPKn

Oktavia, Sindi (Unknown)
Kurnisar, Kurnisar (Unknown)
Mutiara, Tyas Masito (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi guru di SMA Negeri 3 Palembang, dengan permasalahan mengenai rendahnya minat belajar peserta didik yang diketahui dari hasil observasi dan penyebaran angket minat belajar pada tahap pra siklus. Maka dari itu, solusi yang tepat dengan menerapkan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dengan penggunaan media wordwall pada pembelajaran PPKn di kelas XI.5 SMA Negeri 3 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 3 siklus, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun indikator dari minat belajar yaitu perasaan senang, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan.  Subjek dalam penelitian ini kelas XI.5 berjumlah 35 peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran wordwall dapat meningkatkan minat belajar, hal tersebut dapat terlihat dari hasil angket minat belajar kegiatan siklus 1 dengan persentase 63,49% dengan kategori sedang dan pada siklus 2 mengalami kenaikan yang signifikan dengan persentase 76,57% dengan kategori tinggi. Maka dari itu dapat peneliti simpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas XI.5 SMA Negeri 3 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...