JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 7 No. 5 (2023): JATI Vol. 7 No. 5

PENENTUAN JASA PENGIRIMAN BARANG ONLINE TERBAIK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

Febria Pitaloka, Rika (Unknown)
Hartami Santi, Indyah (Unknown)
Febrinita, Filda (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Dallalm pembelialn online kita bisa menggunalkaln jalsal pengirimaln untuk mengantarkan barang yang kita pesan. Nalmun dengaln aldalnyal berbalgali malcalm jenis lalyalnaln jalsal pengirimaln balralng yalng tersedial, walrgal desal meralsal bingung untuk memilih malnal yalng terbalik, kalrenal sering kalli mengallalmi permalsallalhaln yalng merugikaln warga desa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode TOPSIS dalam menentukan alternatif jasa pengiriman barang terbaik dengan mempertimbangkan beberapa kriteria-kriteria penting yang digunakan untuk mendapatkan keputusan solusi terbaik di desa Bangsri. Dalam menentukan solusi alternatif terbaik, peneliti menggunakan metode TOPSIS dengan 5 alternatif dan 6 kriteria. Alternatif pada penelitian ini yaitu JNE, J&T, Pos Indonesia, SiCepat dan TIKI. Kriteria yang digunakan yaitu ketepatan waktu pengiriman, biaya pengiriman, keamanan pengiriman, kualitas pelayanan, penanganan barang dan jarak pengiriman. Bobot untuk setiap kriteriannnya yaitu 0.20, 0.20, 0.20, 0.15, 0.15, dan 0.10. Hasil yang diperoleh dari metode TOPSIS yaitu J&T mendapatkan peringkat pertama dan menjadi solusi terbaik dengan nilai 0.796, diikuti dengan JNE mendapatkan nilai 0.725, SiCepat mendapatkan nilai 0.701, TIKI mendapatkan nilai 0.692 dan Pos Indonesia mendapatkan nilai 0.647.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...