JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 8 No. 4 (2024): JATI Vol. 8 No. 4

ANALISIS SENTIMEN TERHADAP MARKETPLACE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES: STUDI KASUS: LAZADA INDONESIA

Dikananda, Fatihanursari (Unknown)
Rinaldi Dikananda, Arif (Unknown)
Anwar, Saeful (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis sentimen terhadap marketplace Lazada Indonesia menggunakan algoritma Naïve Bayes dengan teknik upsampling SMOTE. Marketplace menjadi platform penting dalam era digital, namun sering kali ulasan pengguna memiliki ketidakseimbangan dalam jumlah sentimen positif dan negatif, yang dapat mempengaruhi akurasi analisis. Data diambil dari Twitter API yang berisi 1.517 review. Algoritma Naïve Bayes diterapkan untuk analisis sentimen, dan teknik SMOTE digunakan untuk mengatasi ketidakseimbangan data. Hasil menunjukkan bahwa penerapan teknik SMOTE pada algoritma Naïve Bayes menghasilkan tingkat akurasi sebesar 81,89%, dibandingkan dengan 65,53% tanpa nandaSMOTE. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik SMOTE efektif dalam meningkatkan akurasi analisis sentimen, dan Lazada mendapatkan tanggapan positif dari penggunanya, meskipun ada beberapa kesalahan klasifikasi yang perlu diperbaiki. Hasil ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki respon yang sangat baik terhadap Lazada. Meskipun demikian, masih terdapat prediksi klasifikasi yang melenceng dari kenyataan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...