Kiwari
Vol. 3 No. 3 (2024): Kiwari

Melihat Pengaruh Konten di Instagram Daihatsu pada Pembelian Produk

Yholanda, Angelin (Unknown)
Pandrianto, Nigar (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2024

Abstract

Social media platforms like Instagram, has significantly impacted the transformation of consumer behavior. This research aims to investigate the influence of Daihatsu content on Instagram on purchasing decisions. With a substantial growth in Instagram users, especially among the millennial generation, the platform serves not only as a space for sharing photos and videos but also as a potential marketing arena. This study employs a quantitative method, focusing on independent variables, namely the influence of Instagram Stories and Instagram Feeds content, and a dependent variable, namely purchasing decisions. The findings reveal that Instagram Stories content has a significant impact on purchasing decisions, whereas Instagram Feeds content has a less significant influence. Despite certain methodological aspects, such as detected abnormal data distribution, the multiple linear regression analysis indicates that both independent variables collectively exert a significant influence on purchasing decisions. Consequently, this research provides insights for marketers in formulating content strategies on Instagram to enhance consumer appeal and support purchasing decisions. Media sosial seperti Instagram, telah memberikan dampak signifikan dalam transformasi perilaku konsumen. Ia menjadi bagian dari customer journey mulai dari pengenalan produk hingga melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh konten Daihatsu di Instagram terhadap keputusan pembelian. Dengan pertumbuhan pengguna Instagram yang signifikan, terutama di kalangan generasi milenial, platform ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat berbagi foto dan video tetapi juga sebagai ruang pemasaran yang potensial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan fokus pada variabel independen, yaitu pengaruh konten Instagram Stories dan Instagram Feeds, serta variabel terikat, yaitu keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Instagram Stories memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu konten Instagram Feeds tidak begitu berpengaruh secara signifikan. Meskipun beberapa aspek metodologis, seperti, terdeteksi, uji regresi linear berganda. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan wawasan bagi para pemasar dalam menentukan strategi konten di Instagram guna meningkatkan daya tarik konsumen dan mendukung keputusan pembelian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Kiwari

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Kiwari (EISSN: 2827-8763) merupakan jurnal hasil karya tulis dari mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara. Jurnal ini menjadi forum publikasi bagi hasil karya mahasiswa. Artikel yang diterbitkan masih jauh dari sempurna dan terbuka untuk saran serta kritik yang membangun. Kiwari ...