cover
Contact Name
Wulan Purnama Sari
Contact Email
wulanp@fikom.untar.ac.id
Phone
+6281584336003
Journal Mail Official
kiwari@untar.ac.id
Editorial Address
Jl. Letjen S. Parman No.1 Gedung Utama Lantai 11 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Kiwari
ISSN : -     EISSN : 28278763     DOI : 10.24912/ki
Core Subject : Humanities, Social,
Kiwari (EISSN: 2827-8763) merupakan jurnal hasil karya tulis dari mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara. Jurnal ini menjadi forum publikasi bagi hasil karya mahasiswa. Artikel yang diterbitkan masih jauh dari sempurna dan terbuka untuk saran serta kritik yang membangun. Kiwari menerbitkan artikel hasil penelitian dalam bidang ilmu komunikasi, yang meliputi komunikasi politik, komunikasi antar budaya, komunikasi bisnis, komunikasi digital, komunikasi antar pribadi, komunikasi organisasi, dll.
Articles 140 Documents
Kritik Akun TikTok @xeronav terhadap Isu Sosial Politik Calvin Epesus; Sinta Paramita
Kiwari Vol. 1 No. 1 (2022): Kiwari
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/ki.v1i1.15454

Abstract

TikTok is a social networking application that is currently popular with more than 689 million users worldwide as of January 2021. A unique characteristic of some TikTok users is that they often express their criticisms on political issues in a satirical style. Satire is a style of language in literature that is used to express allusion to a situation or person. Content is information available on electronic media, this content will be analyzed in relation to criticism that occurs on social media. For this reason, researchers want to examine critical content on TikTok. Observing the TikTok account @xeronav which actively criticizes socio-political issues in its content containing his opinion about the governor on November 2, 2021. The data will be obtained by means of techniques taking data from semiotic analysis with social media specialists as the triangulator. The result of this research is that there is a satirical style, both content creators and netizens through comments. TikTok merupakan sebuah aplikasi jejaring sosial yang sedang populer lebih dari 689 juta pengguna di seluruh dunia per januari 2021. Karakteristik yang unik dari beberapa pengguna TikTok yaitu sering mengekspresikan kritiknya pada isu politik dengan gaya satiris. Satir adalah gaya bahasa dalam sastra yang digunakan untuk menyatakan sindiran terhadap suatu keadaan atau seseorang. Konten adalah informasi yang tersedia di media elektronik, konten-konten ini yang akan dianalisa keterkaitannya dengan kritik yang terjadi di sosial media.untuk itu peneliti ingin meneliti tentang konten kritikan yang ada di TikTok. Mengamati akun TikTok @xeronav yang aktif mengkritik isu sosial politik di dalam kontennya berisi pendapatnya soal gubernur pada 2 November 2021. Data akan didapatkan dengan cara Teknik mengambil data dari analisis semiotika dangan spesialis sosial media sebagai triangulatornya. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan ada gaya satir, baik konten kreator maupun warganet melalui komentar.
Efektivitas Penggunaan Media Sosial @Kemendagri Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Publik (Survei Pada Pengikut Akun Instagram @Kemendagri) Novita Olivia; Farid Rusdi
Kiwari Vol. 1 No. 1 (2022): Kiwari
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/ki.v1i1.15463

Abstract

 In this digital era, it is easier for people to find information. The development of the digital era is currently happening very quickly in society with the internet. The emergence of the internet is then the existence of social media such as Instagram. Currently, many institutions have created special Instagram accounts to provide information to the public. One of the Ministry of Home Affairs government agencies has an Instagram social media account, namely @Kemendagri to upload information about the Ministry of Home Affairs. This study discusses the effectiveness of the use of @kemendagri social media in meeting the needs of public information. The theory in this study is satisfaction and use which explains that individuals can choose media to fulfill their needs through these media. This study uses quantitative research methods, survey methods and data collection techniques in this study through distributing questionnaires to 100 samples determined through probability sampling and simple random sampling. The results obtained by the correlation coefficient indicate a strong relationship between the variable X and variable Y. From the results of the coefficient of determination the contribution of variable X to variable Y is 54.2%. The results of hypothesis testing in this study showed that the independent variable had a positive and significant effect on the dependent variable. The conclusion that can be given is that the use of social media Instagram @kemendagri is effective in meeting the needs of public information through theory testing. Di era digital seperti sekarang ini, masyarakat semakin mudah untuk mencari informasi. Perkembangan era digital saat ini terjadi sangat cepat di masyarakat dengan adanya internet. Munculnya internet ini kemudian adanya media sosial seperti Instagram. Saat ini banyak institusi yang membuat akun Instagram khusus untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Salah satu instansi pemerintah Kementerian Dalam Negeri memiliki akun media sosial Instagram yaitu @Kemendagri untuk mengunggah informasi seputar Kementerian Dalam Negeri. Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan media sosial @kemendagri dalam memenuhi kebutuhan informasi publik. Teori dalam penelitian ini adalah kepuasaan dan penggunaan yang menjelaskan bahwa individu dapat memilih media untuk pemenuhan kebutuhannya melalui media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, metode survei dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner kepada 100 sampel yang ditentukan melalui probability sampling dan simple random sampling. Hasil yang diperoleh koefisien korelasi menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara variabel X dan variabel Y. Dari hasil koefisien determinasi kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 54,2%. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat. Kesimpulan yang dapat diberikan adalah  penggunaan media sosial Instagram @kemendagri Efektif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi publik melalui pengujian teori.
Efektivitas Konten Media Sosial Instagram @Faktaseventeen Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Penggemar Jessica Audri Bulan Lubis; Lusia Savitri Setyo Utami
Kiwari Vol. 1 No. 1 (2022): Kiwari
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/ki.v1i1.15465

Abstract

SEVENTEEN is a singer or boy group from South Korea. The @factseventeen account on Instagram currently contains information related to all activities of the SEVENTEEN Boyband, both in front of the camera and behind the camera. The Instagram account @factseventeen was founded on July 31, 2016, a year since SEVENTEEN officially debuted, and is the oldest and most up-to-date SEVENTEEN fan account. This study aims to find out how effective @factseventeen's Instagram content is to meet the information needs of SEVENTEEN fans. The respondents chosen by this researcher are Instagram followers from @factseventeen as fans of the SEVENTEEN band. The researcher uses the uses and gratification theory. This study uses a quantitative and survey of 100 respondents as a sample with a questionnaire as a research instrument used by researchers. the results of the study, obtained a positive and significant influence between the variables of the effectiveness of the Instagram account @factseventeen (X) on the fulfillment of the information needs of SEVENTEEN (Y) fans by consumers. The effectiveness of the content of the Instagram account @factseventeen has an influence on the variable of meeting the information needs of SEVENTEEN fans by 69.0%. SEVENTEEN merupakan grup penyanyi atau boy group yang berasal dari Korea Selatan. Akun @faktaseventeen di Instagram saat ini berisi informasi yang terkait dengan segala aktivitas Boyband SEVENTEEN, baik di depan kamera maupun di balik kamera. Akun Instagram @faktaseventeen didirikan pada 31 Juli 2016, setahun sejak SEVENTEEN resmi debut, dan merupakan akun khusus penggemar grup SEVENTEEN terlama dan paling up to date. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif konten Instagram @faktaseventeen untuk memenuhi kebutuhan informasi penggemar SEVENTEEN. Responden yang dipilih oleh peneliti ini yaitu pengikut Instagram dari @faktaseventeen selaku penggemar dari grup band SEVENTEEN. Peneliti menggunakan teori uses and gratification. Penelitian ini menggunakan berupa kuantitatif dan survey terhadap 100 responden sebagai sampel dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang digunakan peneliti. hasil penelitian, mendapatkan pengaruh positif dan signifikan antara variabel efektivitas akun Instagram @faktaseventeen (X) terhadap pemenuhan kebutuhan informasi penggemar SEVENTEEN (Y) oleh konsumen. Efektivitas konten akun Instagram @faktaseventeen mempunyai pengaruh terhadap variabel pemenuhan kebutuhan informasi penggemar SEVENTEEN sebesar 69,0%. 
Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus Brand Ambassador Shopee Grup K-Pop Stray Kids) Eva Aileen Frederica; Lusia Savitri Setyo Utami
Kiwari Vol. 1 No. 1 (2022): Kiwari
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/ki.v1i1.15470

Abstract

The Shopee business relies on promotional content in the form of advertising and employs brand ambassadors as communicators for the messages they want to convey. This brand ambassador is used to give viewers an incentive to attract audience so that they have a positive view of Shopee's corporate image. The Shopee company that collaborated with the well-known K-Pop group Stray Kids as Shopee's brand ambassador at the end of 2020. As a brand ambassador, Stray Kids has managed to steal the attention of the public and K-Pop fans in Indonesia with a Shopee advertisement similar to one of the music video clips. their most famous one is “God's Menu”. The purpose of this study was to determine the impact of Stray Kids brand ambassador credibility on Shopee's corporate image. The author uses stimulus response theory as a theoretical reference as well as communication, brand ambassadors, image, and company image as research concepts. This study uses a quantitative approach with an explanatory survey method to 100 respondents as a sample with a google form questionnaire as the author's instrument. With the results of the t-test showing a t-count value of 6.832 > t-table 1.987 and the results of a simple linear regression test with a value of 0.000 <0.05, which means that there is a significant effect of the Stray Kids Brand Ambassador Credibility variable (X) on Shopee Company Image (Y). erusahaan Shopee mengandalkan konten promosi mereka yang berupa iklan dan menggunakan brand ambassador sebagai komunikator pesan yang ingin mereka sampaikan.  Brand ambassador ini digunakan dengan tujuan untuk memberikan stimulus kepada khalayak untuk menarik konsumen agar konsumen memiliki pemikiran yang positif terhadap citra perusahaan Shopee. Perusahaan Shopee yang menggandeng grup K-Pop ternama yaitu Stray Kids sebagai brand ambassador Shopee pada akhir tahun 2020. Sebagai brand ambassador, Stray Kids telah berhasil mencuri perhatian masyarakat dan penggemar K-Pop di Indonesia dengan iklan Shopee yang mirip dengan salah satu music video clip mereka yang paling terkenal yaitu “God’s Menu”. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh antara kredibilitas brand ambassador Stray Kids terhadap citra perusahaan Shopee. Penulis menggunakan teori stimulus respon sebagai acuan teori serta komunikasi, brand ambassador, citra, dan citra perusahaan sebagai konsep penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey eksplanatif terhadap 100 responden sebagai sampel dengan kuesioner google form sebagai instrumen penulis. Dengan hasil uji t menunjukkan nilai t hitung yaitu 6,832 > t tabel 1,987 dan hasil uji regresi linear sederhana dengan nilai 0,000 < 0,05 yang berartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Kredibilitas Brand Ambassador Stray Kids (X) terhadap Citra Perusahaan Shopee (Y). 
Komunikasi Pemasaran Digital Streamer dalam Industri Game Online Indonesia Nicolaus August; Sinta Paramita
Kiwari Vol. 1 No. 2 (2022): Kiwari
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/ki.v1i2.15477

Abstract

Video game streaming is an activity that allows players to play games while broadcasting live through available platforms. Players who stream video games are known as streamers. The online game industry uses one of the elements in digital marketing communication by renting out streamers to play game products so that the game products can be widely known. The theoretical basis used in this research is the theory of digital marketing communication. Digital Marketing is a marketing activity that uses digital media. The research method used is a qualitative research method, namely a case study in which researchers record an event carefully and data collection techniques used in the form of interviews, observation and documentation. Researchers used qualitative data analysis techniques, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results obtained indicate that there are 2 types of digital marketing communication processes that exist between streamers and the online game industry. The two types are active cooperation and passive cooperation. There is a contract between the two parties in the active cooperation process and the passive cooperation process does not form a contract.Video game streaming adalah suatu kegiatan yang memungkinkan pemain bermain game sekaligus melakukan siaran langsung melalui platform yang tersedia. Pemain yang melakukan video game streaming biasa disebut dengan streamer. Industri game online menggunakan salah satu elemen dalam komunikasi pemasaran digital dengan cara menyewa streamer untuk memainkan produk game agar produk game tersebut dapat dikenal luas. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran digital. Pemasaran Digital adalah suatu kegiatan pemasaran yang menggunakan media digital. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif yaitu studi kasus yang dimana peneliti menyelidiki suatu peristiwa dengan cermat dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik proses Analisa data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa terdapat dua jenis proses komunikasi pemasaran digital yang terjalin antara streamer dengan industri game online. Kedua jenis tersebut adalah kerja sama aktif dan kerja sama pasif. Terjalin kontrak antara kedua belah pihak pada proses kerja sama aktif dan proses kerja sama pasif tidak terjalin sebuah kontrak.
Analisis Komunikasi Interpersonal Yang Efektif Antara Personal Trainer Dengan Member Gym Starfit Enzo Scifo Jauwinata; Wulan Purnama Sari
Kiwari Vol. 1 No. 1 (2022): Kiwari
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/ki.v1i1.15478

Abstract

From many places to exercise, one of the place that favored by people was gym. Gym was favored by people because in the gym members can achieve their goals such as losing weight, building muscle, improving posture or just overcoming stress. One of the supporting factors for the members to get their results is good communication between Personal Trainers and gym members and one of the communication type is interpersonal communication. The purpose of this study is to identify and describe the effectivity of interpersonal communication between Personal Trainers and members at Starfit Gym. This research uses an approach with a case study method with a joint approach of Personal Trainers and Starfit gym members. Hubberman and Miles data analysis model used in this study such as data reduction, data presentation, and data conclusions. This study uses validity of triangulation of sources to compare data from sources and triangulation of techniques to test it. From the results of this study, it was found that there was good communication between the Personal Trainer and the members. This can be seen from the dimensions of effective interpersonal communication and from various existing aspects such as opennes, empathy, supportiveness, positiveness, and equality. Dari banyaknya tempat untuk berolahraga, salah satu tempat yang digemari oleh masyarakat yaitu gym. Gym digemari oleh masyarakat karena di gym member dapat menurunkan berat badan, membentuk otot, memperbaiki postur tubuh atau hanya sekedar menghilangkan stress. Salah satu faktor pendukung agar member dapat memperoleh hasil yang diinginkan yaitu adanya komunikasi yang efektif antara Personal Trainer dengan member gym dan salah satu bentuk komunikasinya yaitu komunikasi interpersonal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menggambarkan keefektifan komunikasi interpersonal antara Personal Trainer dengan member di Starfit Gym. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan pendekatan wawancara bersama Personal Trainer dan member gym Starfit. Teknik analisis data Hubberman dan Miles digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik keabsahan berupa triangulasi sumber untuk memudahkan membandingkan data dari narasumber serta triangulasi teknik untuk menguji kredibilitasnya. Dari hasil dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa terjalin komunikasi yang baik antara Personal Trainer dengan member. Hal ini terlihat berdasarkan dimensi komunikasi interpersonal yang efektif dan terlihat dari berbagai aspek yang ada seperti keterbukaan (openness), empati (empathy), sikap mendukung (supportiveness), sikap positif (positiveness), dan kesetaraan (equality)
Analisis Brand Identity di Jejaring Sosial Instagram (Studi Kasus Kopi Lain Hati PIK) Chandra Ronaldo; Wulan Purnama Sari Jaya Putra
Kiwari Vol. 1 No. 2 (2022): Kiwari
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/ki.v1i2.15482

Abstract

The growth of coffee consumption in Indonesia is driven by several factors, including the increasing population of the younger generation in Indonesia. This study aims to find out how the Instagram social network analysis in building the Kopi Lain Hati PIK brand identity. Brand identity is an element of a brand which consists of characters, colors, symbols that contain the value of a product in a company so that consumers can understand the product. Instagram is a social media platform that uses documentation, photos, and videos. This study uses a qualitative approach with descriptive case study research methods. Interviews were conducted with 3 (three) resource persons as seekers of appropriate information, Owner of Kopi Lain Hati PIK, Leader of Kopi Lain Hati PIK, and Barista Kopi Lain Hati PIK. The results of this study indicate that using the Instagram social media platform to build the identity brand of Kopi Lain Hati PIK, is the right and very appropriate way. Instagram is used by Kopi Lain Hati PIK so that it can be a helper in building the Kopi Lain Hati PIK brand and to increase sales of Kopi Lain Hati PIK, and Instagram also increases followers of Kopi Lain Hati PIK.Pertumbuhan mengkonsumsi kopi di Indonesia didorong oleh beberapa faktor di antaranya meningkatnya populasi generasi muda di Indonesia. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis jejaring sosial instagram dalam membangun brand identity Kopi Lain Hati PIK. brand identity merupakan sebuah elemen dari suatu merek yang di dalamnya terdiri dari karakter, warna, simbol yang mengandung nilai suatu produk pada sebuah perusahaan agar konsumen bisa memahami produk. Media sosial instagram merupakan platfrom yang menggunakan dokumentasi, foto, dan video. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus deskriptif. Wawancara di lakukan dengan 3 (tiga) narasumber sebagai pencari informasi yang tepat Owner Kopi Lain Hati PIK, Leader Kopi Lain Hati PIK, dan Barista Kopi Lain Hati PIK. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan platfrom media sosial Instagram untuk membangun brand indetity Kopi Lain Hati PIK, merupakan cara yang tepat dan sangat tepat. Instagram digunakan Kopi Lain Hati PIK agar dapat menjadi pembantu dalam membangun brand Kopi Lain Hati PIK serta untuk meningkatkan penjualan Kopi Lain Hati PIK, dan Instagram juga meningkatkan followers Kopi Lain Hati PIK.
Analisis Instagram Selebritis Terhadap Gaya Hidup Hedonis (Studi Kasus Akun Instagram @Awkarin Saat Liburan Di Era Pandemi Covid-19) Ariesca Tansia; Yugih Setyanto; Doddy Salman
Kiwari Vol. 1 No. 1 (2022): Kiwari
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/ki.v1i1.15487

Abstract

In this modern era, the internet has become a necessity to access information and various social media. One of social media with the biggest users in Indonesia is Instagram. Instagram can be considered to have become a social media used to showcase a hedonic lifestyle. Hedonist lifestyle of controversial celebrity named Awkarin is still clearly visible even during the Covid-19 pandemic. In June and July 2021, Awkarin continues to travel with fairly rapid mobility from one city to another in his luxurious style in the midst of the pandemic. The purpose of this study was to determine the role of social media Instagram account @Awkarin in representing the hedonic lifestyle. The theory used is the hedonic lifestyle theory and the semiotic theory. The research method used is descriptive qualitative with Fiske's semiotic analysis. Using the technique of observation, documentation, and literature study. The results of this study show that the activities Awkarin did during the holidays in Covid-19 pandemic represented hedonism. Awkarin shows a lot of luxurious life, always having fun, pursuing worldly pleasures, and owning prestigious branded goods which are a reflection of hedonistic behavior. This is the identity of Awkarin, who is known as one of Jakarta's young celebrities. Pada era yang modern ini internet menjadi kebutuhan untuk mengakses informasi maupun beragam media sosial. Salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia adalah Instagram. Instagram dapat dikatakan sudah menjadi media sosial yang digunakan untuk memamerkan sebuah gaya hidup hedonis. Gaya hidup hedonis selebritis kotroversial yaitu Awkarin masih terlihat jelas walapun berada di masa pandemi Covid-19. Pada Juni dan Juli 2021 Awkarin tetap melakukan liburan dengan mobilitas yang cukup pesat dari satu kota ke kota lainnya dengan gayanya yang mewah di tengah pandemi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran media sosial Instagram akun @Awkarin dalam merepresentasikan gaya hidup hedonis. Teori yang digunakan adalah teori gaya hidup hedonis dan teori semiotika. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika Fiske. Menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan yang Awkarin lakukan selama liburan di masa pandemi Covid-19 merepresentasikan hedonisme. Awkarin banyak memperlihatkan kehidupan mewah, selalu bersenang-senang, mengejar kenikmatan duniawi, dan memiliki barang bermerk prestisius yang merupakan cerminan perilaku hedonisme. Ini lah yang menjadi identitas Awkarin yang dikenal sebagai salah satu selebritis muda Jakarta.
Pengaruh Instagram @Feminist Terhadap Perubahan Pandangan Standar Kecantikan Wanita Indonesia Andrea Yovanny Montana; Ahmad Junaidi
Kiwari Vol. 1 No. 1 (2022): Kiwari
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/ki.v1i1.15503

Abstract

The daily life of Indonesian people have been affected a lot by social media. Communication is more often done through social media than in person, especially during the pandemic. This makes social media have a big influence on people's perceptions. Social media that has a big influence on Indonesian society because of the large number of enthusiasts is Instagram. Instagram @FEMINIST is an account that discusses feminism issues. One of the worrying issues of feminism is about women's beauty standards. The purpose of this study is to determine the effect of Instagram @FEMINIST on changes in the views of Indonesian women's beauty standards. Quantitative methods is the method this study uses. The population in this study are followers of the @FEMINIST Instagram account. The sample taken is 100 respondents. Data was obtained by distributing questionnaires using a Likert scale with the indicators of Media Exposure and Body Image theory. The results of the Hypothesis Testing obtained using IBM SPSS version 22.0 For Windows obtained a significance value of 0.000 <0.05 with a t-count of 6.461 > 1.984 so it can be concluded that the hypothesis test or t-test is acceptable. So H0 is rejected and H1 is accepted, which shows that Instagram @FEMINIST exposure has a positive effect on the view of Indonesian women's beauty standards. Kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia telah banyak dipengaruhi media sosial. Komunikasi lebih sering dilakukan melalui media sosial dibandingkan secara langsung, terutama saat masa pandemi. Hal ini membuat media sosial memiliki pengaruh besar terhadap persepsi masyarakat. Media sosial yang berpengaruh besar pada masyarakat Indonesia karena banyaknya peminat adalah Instagram. Instagram @FEMINIST merupakan akun yang membahas mengenai isu-isu feminisme. Salah satu isu feminisme yang mengkhawatirkan adalah tentang standar kecantikan wanita. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh instagram @FEMINIST terhadap perubahan pandangan standar kecantikan wanita indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers dari akun instagram @FEMINIST. Sampel yang diambil berjumlah 100 responden. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala likert dengan indikator teori Terpaan Media dan Body Image. Hasil Uji Hipotesis yang didapat menggunakan IBM SPSS versi 22.0 For Windows diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan t hitung 6,461 > 1,984 kesimpulannya adalah uji t uji hipotesis atau uji hipotesis dapat diterima. Hasilnya H0 ditolak dan H1 diterima, yang bermaksud Terpaan Instagram @FEMINIST berpengaruh positif terhadap pandangan standar kecantikan wanita Indonesia.
Strategi Komunikasi PT Indofarma Tbk dalam Membangun Kepercayaan Konsumen di Masa Pandemi Aswini Paramesti; Yugih Setyanto
Kiwari Vol. 1 No. 1 (2022): Kiwari
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/ki.v1i1.15508

Abstract

PT Indofarma Tbk (INAF) is a multinational company that produces various kinds of pharmaceutical products and is a manufacturerof medicines. The purpose of this study is to explain the communication strategy undertaken by PT Indofarma Tbk in building consumer trust during the pandemic and explain the efforts made by PT Indofarma Tbk in achieving positive consumer trust. This studey uses several supporting concepts, namely Public Relations, PR Strategy and consumer trust. The author’s research were obtained through interviews, documentation, observation, and literature study. The result showed that the communication strategy implemented by PT Indofarma Tbk was carried out using a public relations strategy, namely publications, events, news, community involvement, information of image, lobbying and negotiation amd social responsibility. Efforts made by PT Indofarma Tbk in building positive consumer trust are carried out by providing service to communicate between companies and consumer. In addition, the benchmark can be seen with increased sales and branding during the pandemic, so the public can have a positive sense of trust in PT Indofarma Tbk.PT Indofarma Tbk (INAF) adalah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam-macam produk farmasi dan menjadi produsen obat-obatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT Indofarma Tbk dalam membangun kepercayaan konsumen di masa pandemi dan menjelaskan upaya yang dilakukan PT Indofarma Tbk dalam mencapai kepercayaan konsumen yang positif. Penelitian ini menggunakan beberapa konsep penunjang yaitu Public Relations, Strategi Public Relations, dan Kepercayaan Konsumen. Penulis menggunakan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah public relations PT Indofarma Tbk. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi public relations yang digunakan oleh PT Indofarma Tbk dalam membangun kepercayaan konsumen. Data dari hasil penelitian penulis diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT Indofarma Tbk dilakukan menggunakan strategi public relations yaitu publications, events, news, community involvement, inform of image, lobbying and negotiation dan social responsibility. Upaya yang dilakukan PT Indofarma Tbk dalam membangun kepercayaan konsumen yang positif dilakukan dengan menyediakan layanan untuk berkomunikasi antara perusahaan dengan konsumen. Selain itu, tolak ukur dapat dilihat dengan penjualan dan branding yang meningkat di masa pandemi ini maka masyarakat dapat memiliki rasa kepercayaan yang positif terhadap PT Indofarma Tbk.

Page 1 of 14 | Total Record : 140