Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa

Azkia, Nurul Alis (Unknown)
Setiadi, Dadi (Unknown)
Jufri, A Wahab (Unknown)
Sukarso, AA (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Computational thinking merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa computational thinking dalam pembelajaran biologi masih kurang diterapkan. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya inovasi guru dalam memilih model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan liveworksheet terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas X di SMAN 10 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu  (quasi experimental) dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas X A dan X B sebagai kelompok eksperimen dan kelas X C dan X D sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pemberian tes berbentuk soal uraian dengan indikator kemampuan computational thinking. Uji prasyarat dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Data statistik dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U dengan bantuan aplikasi SPSS 25 for windows. Hasil penelitian diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 <0,05, sehingga menunjukkan adanya pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan liveworksheet terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas X di SMAN 10 Mataram.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...