Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 12, No 2 (2024): JUNI-JULI 2024

Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Logaritma Melalui Media Pembelajaran LOGAMATHICS

Purnama, Sephia Rahayu (Unknown)
Santia, Ika (Unknown)
Hima, Lina Rihatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan media pembelajaran LOGAMATHICS pada materi logaritma. Media pembelajaran LOGAMATHICS (Logarithm of Mathematics) merupakan aplikasi berbasis android yang dapat digunakan oleh guru sebagai alat untuk mempermudah siswa dalam memahami materi logaritma. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas X-1 di SMA Negeri 1 Plemahan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes pemahaman konsep siswa melalui pretest dan posttest. Analisis data penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis data telah terdistribusi normal dan memperoleh kategori “Sedang” dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,59 serta pada uji paired sample t-test diperoleh nilai  yang berarti  ditolak dan  diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran LOGAMATHICS efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi logaritma.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MTK

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung menerima artikel ilmiah terkait penelitian di bidang pendidikan matematika yang meliputi: 1. Kurikulum Pendidikan Matematika 2. Metode Pembelajaran Matematika 3. Media Pembelajaran Matematika 4. Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi dan Informasi ...