Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti
Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti

PENGEMBANGAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI SISWA KELAS IV MIS AL-HILAAL WANAKARTA

Susanto, Joko (Unknown)
Laurens, Theresia (Unknown)
Tamalene, Hanisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Hypothetical learning trajectory (HLT) merupakan dugaan pemikiran siswa dalam aktivitas pembelajaran yang dirancang oleh guru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan HLT pada materi luas persegi dan persegi panjang melalui pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) di siswa kelas IV MIS Al-Hilaal Wanakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode penelitian design research.Tahapan design research terdiri dari tiga fase, yaitu persiapan desain, percobaan desain, dan analisis retrospektif. Subjek dalam penelitian ini ada 20 siswa yang dibagi menjadi dua yaitu 10 siswa pada pilot experiment dan 10 siswa lainnya pada teaching experiment. Analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan Local instruction theory (LIT) pada materi luas persegi dan persegi panjang. LIT yang dihasilkan terdiri dari lima aktivitas pembelajaran antara lain a) mengamati benda, b) menyusun kotak satuan, c) menentukan banyaknya kotak satuan, baris serta kolom, d) membuat sketsa gambar dan menyajikan data, dan e) menentukan rumus luas persegi dan persegi panjang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti menerbitkan makalah penelitian dari para peneliti yang mencakup penelitian di bidang Pendidikan Matematika dan ...