Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 1 (2021)

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar

Meilana, Septi Fitri (Unknown)
Aulia, Nur (Unknown)
Zulherman, Zulherman (Unknown)
Aji, Galih Baskoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas V SDN Bintara VI Bekasi Barat. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan bentuk The Nonequivalent Posttest-only Control Design. Sampel penelitian terdiri dari 48 siswa, kelas V-A dan V-B dengan teknik Purposive Sampling. Instrument yang digunakan berupa test subjektif Essay. Uji persyaratan analisis yang digunakan untuk uji normalitas yaitu uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-T. Hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel atau 3,117 > 2,015, maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SDN Bintara VI Bekasi Barat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...