Journal Islamic Studies
Vol. 4 No. 2 (2023): Edisi September

UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PERSYARATAN KENAIKAN KELAS

Azisi, Azisi (Unknown)
Ummah, Vina Rohmatul (Unknown)
Kamilia, Nurdina (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Madrasah Aliyah Nurul Huda dalam kegiatan belajar mengajarnya biasanya ditandai dengan bermacam kegiatan salah satunya program persyaratan sebelum kenaikan kelas, yang dimana persyaratan tersebut dibuat oleh pihak yayasan  langsung dan didistribusikan oleh kepala madrasah. Fokus analisis bagaimana upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi siswa melalui persyaratan kenaikan kelas di Madrasah Aliyah Nurul Huda Al-Banat Peleyan Kapongan Situbondo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskritif, dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan sekunder. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi kuesioner/angket. Hasil penelitian menunjukkan Kepala Madrasah Nurul Huda Al-Banat mempunyai tugas yaitu sebagai educator, manager, adminitrator, leader. Kepala Madrasah juga sudah memenuhi tugasnya yakni membuat perencanaan program, menempatkan tenaga pendidik sesuai kemampuannya. Strategi yang digunakan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo sebagai berikut : 1. Melakukan pengontrolan terhadap berjalannya proses persyaratan baik pihak yang sudah dibebankan menjadi penanggung jawab atau peserta didik agar persyaratan mencapai target. 2. Kepala madrasah memberikan kewajiban kepada setiap guru pembimbing untuk mencapai target yang telah ditentukan Melakukan evaluasi program dan memberikan arahan kepada guru pembimbing.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini dikhususkan untuk mengkaji strategi pembelajaran, gagasan konseptual, teori dan praktik pendidikan, kajian dan aplikasi teori, pengembangan dan desain pembelajaran, pengelolaan pendidikan, evaluasi pembelajaran, profesionalisme guru, pemikiran kritis tentang pendidikan ...