Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Inpress Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENERAPAN VIDEO - BLOG PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KONTEKS IBADAH ISLAM DALAM VIDEO BLOG PEMBELAJARAN MATERI HIMPUNAN DI SMP

Mulyani, Sri (Unknown)
Agustiani, Riza (Unknown)
Ramury, Feli (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran Matematika materi Himpunan dengan konteks ibadah Islam dalam materi himpunan yang diterapkan pada Video Blog. yang akan memiliki kevalitan terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian tersebut menggunakan metode deskriftif kualitatif yang dimana peneliti sebagai instrumen kunci dan penggumpulan data yang dilakukan dilapangan dengan cara (gabungan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi). Peneliti juga menggunakan angket,wawancara, dan latihan soal. Pada analisis data kualitatif peneliti pengolahan data dilakukan dengan deskriftif dalam bentuk kalimat yang dilkukan dengan (menggambarkan, menerangkan, menjelaskan, dan menjawab secara rinci terkait permasalahan yang diteliti peneliti). Subjek dalam peneliti tersebut yaitu anak SMP kelas VII. 2 28 Palembang. Adapun hasil dari penelitian tersebut menghasilkan : 1.) Vidio blog pembelajaran matematika dengan konteks ibadah islam pada materi himpunan memiliki kevalidan, kepraktisan, dan memiliki pengaruh pada siswa. 2.) Pada hasil penerapan vidio blog pembelajaran 50 % responden sangat setuju penerapan vidio blog pembelajaran pada materi Himpunan yang lebih menyenangkan, jelas, dan menarik. 3.) Pada hasil penilaian dan pengujian terhadap siswa banyak menyukai pembelajaran himpunan melalui pertanyaan,wawancara. Respon peserta didik sangat baik. Dalam hal ini memperkuat analisis melalui hasil lembar observasi peserta didik dan wawancara yang menunjukkan 21 responden ( 70 % ) termasuk kategori sedang dan 4 responden ( 13,3 % ) termasuk kategori tinggi sedangkan hanya 5 dari 30 responden saja ( 16,67 % ) yang termasuk kategori rendah. Hal tersebut diperkuat oleh hasil observasi yang menunjukkan bahwa peserta didik terlihat lebih antusias, fokus dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...