Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 3 (2024): Juli - September 2024 (In Progress)

Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik melalui Penggunaan Model Joyfull Learning Berbantuan Geogebra

Rahmawati, Silpa (Unknown)
Muzdalipah, Ipah (Unknown)
Muslim, Siska Ryane (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2024

Abstract

Proses pembelajaran matematika di sekolah menghadapi tantangan seperti rendahnya minat, pemahaman konsep yang terbatas, dan metode yang kurang interaktif, sehingga diperlukan pengembangan model pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan model Joyfull Learning berbantuan Geogebra. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP 3 Al-Muhajirin. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII E. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan penalaran matematis peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji-t menggunakan IBM SPSS Statistic 24 dengan taraf signifikansi . Berdasarkan hasil Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil antara sebelum dan sesudah penelitian yang mengalami peningkatan pada siklus ke II

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...