Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Fiqih Di MAN 3 Ngawi

Suwarni (Unknown)
Mulyanto Abdullah Khoir (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara mendalam bagaimana pengaruh kompetensi profesional guru dan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasil belajar di MAN 3 Ngawi. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian ini menggunakan metode explanatory survey. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Ngawi dengan responden 90 siswa kelas XI yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi ganda dan korelasi produk moment. Selain itu, alat analisis yang digunakan adalah program komputer SPSS (Statistic Product and Versi 19.0 dari solusi layanan untuk Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi Profesional Guru (X1) dan Motivasi Belajar Siswa (X2) tidak berpengaruh secara bersamaan atau signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa. Penelitian yang dilakukan terhadap sembilan puluh responden menemukan bahwa Kompetensi Profesional Guru (X1) dan Motivasi Belajar Siswa (X2) tidak mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa secara bersamaan dan signifikan. Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Belajar Siswa mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa sebesar 5,3%, atau variabel Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Belajar Siswa mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa sebesar 5,3%. Variabel lain yang tidak dijelaskan mempengaruhi sisa 94,7%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...