Indonesian Journal of Economics and Strategic Management
Vol. 2 No. 3 (2024): September

PENGARUH FAKTOR EMOSIONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KOPI BELAKANG RUMAH BUNDA (Studi Kasus Pada Pelanggan Kopi Belakang Rumah Bunda Bekasi)

Muhammad Dzaky (Unknown)
Neng Siti Komariah (Unknown)
Haryudi Anas (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh Emosional dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan kopi Belakang Rumah Bunda. Penentuan jumlah sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan rumus lemeshow dengan jumlah sampel 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian ini dalam Uji Parsial (T) ditemukan bahwa variabel Emosional secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel Kualitas Pelayanan secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan. Dari hasil Uji Simultan (F) menyatakan bahwa secara simultan variabel Emosional dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuiasan Pelanggan. Pada uji determinasi (R2) didapatkan hasil bahwa variabel Emosional dan Kualitas Pelayanan berpengaruh dengan variabel Kepuasan Pelanggan sebesar 52,1%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijesm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Srategic Marketing; Strategic Human Resources; Strategic Finances; Strategic Operations; Banking; Corporate Finance; Business; Management; Accounting; Auditing; Taxation; Investments; Capital ...