Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 1 (2024): November

Pengaruh Kepribadian Siswa Introvert terhadap Keberhasilan Belajar di SDN Cipondoh 04

Saputri, Rahmawati Eka (Unknown)
Ramadani, Alya Nur (Unknown)
Fitriadi, Chika Aprillah (Unknown)
Waluyo, Salwa Alika (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2024

Abstract

Siswa dengan kepribadian introvert adalah seseorang yang pemalu, pendiam, susah untuk bersosialisasi, kurang percaya diri, susah mengungkapkan pendapat, menghindari keramaian dan susah mengungkapkan perasaan yang dimilikinya. Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh kepribadian siswa introvert terhadap keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepribadian akan mengganggu dan menghambat seseorang untuk mencapai proses pembelajaran. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, pengumpulan data yang dilalukan dengan melakukan observasi, wawancara, menyebarkan angket pada siswa kelas VI A dan B serta dokumentasi. Hasil penelitian terdapat 3,60% siswa yang memiliki kepribadian introvert di SDN Cipondoh 04. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa kepribadian tidak akan mempengaruhi seseorang dalam proses pembelajaran, setiap individu memiliki cara tersendiri untuk mereka dapat memahami setiap materi yang disampaikan oleh guru. Seorang pendidik melakukan pendekatan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar hal ini diperlukan agar siswa merasakan kenyamanan selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung sehingga akan tercapai tujuan yang diinginkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...