Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 12, No 2 (2024): JUNI-JULI 2024

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat

Larasati, Anggi (Unknown)
Sulistyono, Bambang Agus (Unknown)
Samijo, Samijo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

This research is motivated by the low problem solving abilities of students in solving mathematical problems in quadratic equation material, this is caused by the use of a learning model that is still teacher-centered and does not provide students with opportunities to be actively involved in solving problems independently so that students' problem solving abilities are still low. Based on this, this research applies a problem-based learning model. The research method used is a quantitative method using the One-Group Pretest Posttest Design experimental design method. Research data was obtained from the results of observation sheets, student response questionnaires and Pretest Posttest. The data analysis used in this research uses descriptive statistics, which are then presented through tables and diagrams. The results of the research show that the application of the problem-based learning model is good to apply with an average observation result of 95.39% and student responses reaching 83. 84%. In addition, students' problem-solving abilities have increased in the four Polya indicators, namely understanding the problem (18%), making a problem-solving plan (43%), implementing the problem-solving plan (67%), checking again and drawing conclusions (86%). Based on the results of this research, the problem-based learning model is good to apply and can improve students' problem solving abilities in quadratic equation material. Keyword: problem based learning; problem solving skill; quadratic equations  AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi persamaan kuadrat, hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurang memberikan kesempatan siswa untuk terlibat aktif dalam memecahkan masalah secara mandiri sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain One-Group Pretest Posttest Design. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil lembar observasi, angket respon siswa dan Pretest Posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan adalah statistik deskriptif, yang kemudian dipresentasikan melalui tabel dan diagram.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah baik untuk diterapkan dengan rata-rata hasil observasi sebesar 95,39% dan respon siswa mencapai 83,84%. Selain itu, kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan pada keempat indikator Polya, yaitu memahami masalah (18%), membuat rencana pemecahan masalah (43%), melaksanakan rencana pemecahan masalah (67%), memeriksa kembali dan menarik kesimpulan (86%). Berdasarkan hasil penelitian ini model pembelajaran berbasis masalah baik untuk diterapkan dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi persamaan kuadrat. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah; model pembelajaran berbasis masalah; persamaan kuadrat DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i2.pp138-148

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...