Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 2 (2024): Volume 09 No. 2 Juni 2024

LKPD RME : DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP NILAI TEMPAT BILANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Hendra, Putra You (Unknown)
Rohman, Fatkhur (Unknown)
Syukri, Ridwan (Unknown)
Sulistiana, Sulistiana (Unknown)
Nurhanurawati, Nurhanurawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Pemahaman konsep nilai tempat bilangan penting untuk menguasai struktur bilangan dan operasi aritmatika. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) meningkatkan pemahaman ini dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks nyata, membuatnya lebih relevan dan mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis Realistik Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep nilai bilangan yang valid dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi), dilakukan di SDN 1 Sepang Jaya. Hasil penelitian ini dinyatakan valid setelah melakukan pengujian validitas ahli media 0,707 (valid), ahli bahasa 0,607 (valid), ahli materi 0,607 (valid) sehingga produk ini dikategorikan valid. Hasil uji efektivitas produk dalam meningkatkan pemahaman konsep nilai tempat bilangan menggunakan uji N-Gain. Diperoleh skor 0,713 (tinggi), dengan hasil perolehan hasil produk tersebut dinyatakan Efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep nilai tempat bilangan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk LKPD berbasis RME untuk meningkatkan pemhaman konsep bilangan nilai yang dinyatakan valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...