Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09, No. 03, September 2024

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE TALKING STICK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN BANGKINGAN II/442 SURABAYA

Yuniwati, Hesti (Unknown)
Wiryanto (Unknown)
Cahyaning Ratri, Wulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui problem based learning dengan metode talking stick. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 peserta didik dimana pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 SDN Bangkingan II/442 Surabaya. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Kondisi awal pre test peserta didik di atas KKM sebanyak 10 atau 36% dengan nilai rata-rata keseluruhan peserta didik sebesar 64,64. Setelah diberikan tindakan siklus I peserta didik di atas KKM menjadi 17 atau 61% dengan rata-rata keseluruhan peserta didik sebesar 67,50. Siklus II peserta didik di atas KKM meningkat menjadi 23 atau 82% dengan nilai rata-rata keseluruhan peserta didik sebesar 78,57. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problem based learning dengan metode talking stick materi pendidikan pancasila dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...