Kepercayaan diri merupakan sebuah keyakinan pada kemampuan dirinya sendiri atau kemampuan yang dimiliki. Terjadinya pandemi covid-19 pada awal tahun 2020 sampai awal tahun 2022 seluruh kegiatan siswa untuk belajar di sekolah sangat dibatasi dan dilakukan secara daring dari rumah. Kebijakan tersebut berdampak terhadap menurunnya kepercayaan diri siswa. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMPN 1 Badegan khususnya pada siswa angkatan yang terdampak pandemi covid-19 jelas terbukti bahwa terdapat siswa yang memiliki tingkat percaya diri rendah dibuktikan dengan terlihat malu, tidak berani mengemukakan pendapat, tidak berani tampil di depan kelas dan sulit memulai untuk berinteraksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Metode penelitian yang digunakan adalah PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Kegiatan penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Badegan pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023 dengan subjek 6 siswa kelas VIII D yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah akibat dampak pandemi covid-19. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan melalui pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal tersebut dibuktikan peningkatan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus 1 seluruh siswa belum bisa meningkatkan kepercayaan diri dan pada siklus 2 seluruh siswa sudah bisa meningkatkan kepercayaan diri.
Copyrights © 2023