SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 1 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Pengembangan Media Puzzle Aksara Jawa untuk Keterampilan Menulis Aksara Jawa Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Klegen Kota Madiun

Alviyana Laily Nur Fadilla (Unknown)
Hartini Hartini (Unknown)
Endang Sri Maruti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan mengembangkan produk media pembelajaran yaitu berupa Puzzle Aksara Jawa untuk Keterampilan menulias siswa kelas IV Sekolah Dasar dan agar peneliti mengetahui kevalidan dan ke praktisan dari media tersebut. Peneitian ini dilakukan karena berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti dan didapatkan bahwa siswa kurang tertarik ketika pembelajaran Bahasa Jawa khususnya materi Aksara Jawa karena hanya menggunakan metode ceramah dan menggunakan buku pepak aksara jawa. Jadi disini peneliti tertarik untuk mengembangkan Media Puzzle Aksara Jawa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dan menggunakan metode ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Adapun hasil kevalidannya menunjukkan 89,28 % (sangat valid) untuk ahli media, 90% untuk ahli materi dan 85,71 untuk ahli bahasa sedangkan kepraktisannya menunjukkan 86 % dikatakan praktis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...