SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas 4 dengan Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Wordwall di SDN 01 Nambangan Kidul

Intan Zulfa Rohmawati (Universitas PGRI Madiun)
Endang Sri Maruti (Universitas PGRI Madiun)
Melik Budiarti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 01 Nambangan Kidul dengan menerapkan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan media WordWall. Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas IV sebanyak 15 siswa. Data awal ketika diterapkan pembelajaran secara klasikal hasil belajar siswa masih memiliki rata-rata 62 dengan persentase ketuntasan 33%.  Pada siklus I ketika diterapkan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan media WordWall didapat rata-rata hasil belajar 73 dan persentase ketuntasan 67%. Kemudian pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 91 dengan persentase ketuntasan 100%. Faktor siswa yang mencapai ketuntasan dikarenakan terdapat pemahaman lebih setelah terjadinya pengulangan materi menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sehingga hasil belajar IPAS siswa kelas IV mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...