SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Materi Perundang-Undangan Tingkat Pusat Melalui Model Time Token Terhadap Siswa Kelas V Sdn Temenggungan Kec. Krejengan Kab. Probolinggo

Ryzca Siti Qomariyah (Universitas Panca Marga)
Ani Anjarwati (Universitas Panca Marga)
Aprilika Ajiputri (Universitas Panca Marga)
Ferika Dwiki Nur Hamidyah (Universitas Panca Marga)
Laura Marsya Mentari Putri (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Permasalahan pembelajaran PKn di SD Negeri Temenggungan Kecamatan Krejengan belum menggunakan model-model inovatif hanya menggunakan model konvensional dan penyampaian informasi searah sehingga siswa kurang berpartisipasi aktif dan hasil belajarnya juga masih rendah. Implementasi model Time token dapat menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran karena setiap siswa diberikan kesempatan berbicara. Tujuan penelitian ini untuk menguji keaktifan model time token terhadap hasil belajar PKn materi perundang-undangan tingkat pusat siswa kelas V SD Temenggungan Kecamatan Krejengan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain mengacu pada Model Kemmis & McTanggrat yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Temenggungan Kecamatan Krejengan berjumlah 22 siswa. Hasil perhitungan Peningkatan  ketuntasan belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 50%. Sedangkan rata-rata kelas meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 15. Pada siklus I presentase ketuntasan belajarnya sebesar 45% dan rata-rata kelas sebesar 62 sedangkan siklus II ketuntasan belajarnya sebesar 95% dan rata-rata kelas sebesar 77. Hal ini menunjukan ketika kegiatan pembelajaran PKn dengan penerapan pembelajaran Model Time token terdapat perbaikan yang positif pada hasil belajar PKn. Hal ini dibuktikan bahwa terjadi peningkatan hasli belajar siswa dari pre test, post tes siklus I, post test siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Model Time token merupakan salah satu metode alternatif yang bisa diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan metode ini cocok digunakan dalam proses belajar mengajar mata pelajaran PKn.Kesimpulan penelitian ini adalah model time token lebih efektif digunakan dalam pembelajaran PKn materi perundang-undangan tingkat pusat. Peneliti menyarankan guru hendaknya menggunakan model yang dapat mengaktifkan siswa sehingga pembelajaran tidak monoton dan bersifat multi arah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...