SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V

Aulia Maratusholihah (Unknown)
Endang Sri Maruti (Unknown)
Vivi Rulviana (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran problem based learning dalam perspektif implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis pada pembelajaran matematika. Dengan latar belakang penurunan kualitas belajar peserta didik dalam aktivitas belajar mengajar. Penulisan dalam artikel ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pengumpulan data melalui observasi dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Jiwan 02 yang berjumlah 16 siswa. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dan dilakukan selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan ketrampilab berpikir kritis pada pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari skor presentase ketrampilan berpikir kritis pada siklus I sebesar 68,75 % meningkat menjadi 75% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem bassed learning dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...