Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model pbl berbantuan media E-Book pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN Kepuhrejo dan (2) peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media E-Book pada siswa kelas IV di SDN Kepuhrejo.Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian melibatkan 14 siswa kelas IV SDN Kepuhrejo di Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan, terdiri dari 6 laki-laki dan 8 perempuan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Setelah dilakukan perbaikan dengan menggunakan penerapan model PBL berbantuan media e-book pada pembelajaran Bahasa Indonesia, kekurangan tersebut dapat diatasi dan tujuaan pembelajaran yang diinginkan tercapai. Pembelajaran siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I terlihat ketika proses pembelajaran siswa kurang konsentrasi sehingga siswa kurang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru dan kurang aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi serta kurang aktif dalam bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui, sehingga diperoleh persentase sebesar 50%. Perbaikan pada siklus II akhirnya mengalami peningkatan dengan hasil mencapai 85,7%. Sehingga hal ini juga menjawab hipotesis yang telah dibuat peneliti bahwa ada peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV melalui penerapan model PBL berbantuan media e-book.
Copyrights © 2024