SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Analisis Literasi Numerasi pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Sekar Utami (Unknown)
Yunni Arnidha (Unknown)
Endang Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2023

Abstract

Kemampuan literasi dalam era digital memiliki urgensi bagi setiap siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kemampuan literasi yang penting dimiliki oleh siswa adalah literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi numerasi yang dimiliki oleh siswa kelas 4 sekolah dasar. Indikator kemampuan literasi numerasi digunakan untuk melihat bagaimana literasi numerasi yang dimiliki siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sidoharjo. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas 4 Sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat literasi numerasi yang dimiliki siswa masih rendah. Berdasarkan 3 indikator kemampuan literasi numerasi siswa hanya mampu pada indikator 1 yang memuat tentang analisis informasi dari grafik, tabel, dan diagram.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...