SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

PENINGKATAN CRITICAL THINGKING MATA PELAJARAN IPAS MELALUI PENERAPAN MODEL PjBL DI KELAS 4 SDN 1 SUREN

Shahriza Primadi (Unknown)
Ivayuni Listiani (Unknown)
Zulfiah Zulfiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2023

Abstract

Dalam era perkembangan teknologi dan informasi saat ini, kemampuan berpikir kritis menjadi sangat penting bagi siswa dalam menghadapi tantangan di masa depan. Berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah secara rasional, logis, dan reflektif. Penelitian ini merupakan sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus untuk meningkatkan critical thinking siswa kelas 5 dalam mata pelajaran IPAS dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Hasil penelitian pada kategori sangat baik, terjadi peningkatan dari 0% pada prasiklus menjadi 10% pada siklus 1, dan kemudian meningkat menjadi 50% pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dengan baik seiring berjalannya pembelajaran. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran IPAS di SDN 1 Suren telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...