SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Inovasi pembelajaran tatap muka (PTM) pada siswa kelas XI terhadap penyesuaian sosial di SMAN 1 Nglames

Ayu Tri Widyanigrum (Unknown)
Silvia Yula Wardani (Unknown)
Noviyanti Kartika Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kembali normal, peserta didik aktif dalam belajar di sekolah. Sehingga tidak kesulitan untuk menerima materi, mengingat pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan konvensional, dituntut dan dipaksa menjadi pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan inovasi baru pada pembelajaran tatap muka (ptm) terhadap penyesuaian sosial selama pandemi covid-19. Metode ini menggunakan studi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 7 subjek yakni guru dan siswa kelas XI SMAN 1 Nglames Kabupaten Madiun. Peserta didik yang awalnya mengikuti pembelajaran secara daring (online) digantikan dengan pembelajaran tatap muka di sekolah selama pandemi covid-19. Perubahan sistem pembelajaran juga mengubah peserta didik dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang baru. Maka dari itu setiap guru, siswa dan staf pendidik membutuhkan pembaruan (Inovasi) pada pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan dengan cara : perencanaan pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan kondisi pandemi, proses pembelajaran dengan menitikberatkan pada penyampaian materi dan penilaian/evaluasi harus menaati protokol kesehatan. Kegiatan pembelajaran tatap muka tetap berlangsung normal meskipun ketersediaan waktu yang terbatas sesuai dengan aturan dari pemerintah. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...