SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Pengaruh Kemandirian Belajar dan Literasi Digital terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Negeri 2 Madiun

Riska Ela Iswantari (Universitas PGRI Madiun)
Reza Kusuma Setyansyah (Universitas PGRI Madiun)
Davi Apriandi (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Kemandirian Belajar dan Literasi Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Negeri 2 Madiun. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kemandirian dan literasi digital terhadap pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebesar 255 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 156 siswa. Pada penelitian ini menggunakan instrumen angket dan tes soal. Peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26.0 for windows untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara kemandirian belajar dengan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 79,2% dengan persamaan garis regresi Y = 71, 062 + 0,130X1 -0,026X2. Melalui analisis tersebut diperoleh bahwa koefisien korelasi dan koefisien regresi tersebut signifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh kemandirian belajar dan literasi digital terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...