Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami suatu hubungan antara efikasi diri, dukungan sosial teman sebaya, dan kecenderungan prokrastinasi santri dalam menghafalkan Al-qur’an di pesantren. Penelitian ini menggunakan studi literatur sebagai metode penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan meninjau berbagai penelitian pustaka yang diperlukan dan sesuai dengan indikator penelitian. Sampel yang diambil dalam penelitian ini santri yang sudah masuk kelas Tahfidz yang dimana pencapaian target hafalan mereka sangatlah minim dan sering kali masuk catatan santri yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan Tahfidz. Melalui analisis literatur yang komprehensif, ditemukan bahwa peningkatan efikasi diri dan dukungan sosial yang kuat dari teman sebaya dapat secara signifikan mengurangi tingkat prokrastinasi dan meningkatkan efektifitas hafalan Al-qur’an santri. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan sebuah wawasan baru dan rekomendasi yang praktis bagi para pendidik dan pengelola pesantren dalam upaya mengurangi prokrastinasi dan meningkatkan prestasi hafalan Al-qur’an santri.
Copyrights © 2024