Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 01 Ganungkidul tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 57. Dalam penelitian ini, teknik sampling yang digunakan adalah Teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan.data dalam penelitian ini menggunakan.tes, dokumentasi dan observasi. Adapun teknik analisis.data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis media digital Educaplay mempengaruhi keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Ganungkidul. Hal ini dapat dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata, siswa pada kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata. sebesar 80,89 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 68,79. Hasil tersebut didukung oleh hasil dari hipotesis yaitu ????ℎ???????????????????? sebesar -4,389 dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) = 0,000.
Copyrights © 2024