SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Pengaruh Penggunaan Pendekatan Active Learning Berbasis Permainan Ludo Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas IV SDN 01 Nambangan Kidul

Jihan Sylvi Adhela Purnama Putri (Universitas PGRI Madiun)
Endang Sri Maruti (Universitas PGRI Madiun)
Melik Budiarti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan  pendekatan active learning berbasis permainan ludo terhadap keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas IV SDN 01 Nambangan Kidul. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttes Control Group Design. Subjek penelitian adalah dan siswa kelas IV di SDN 01 Nambangan Kidul sebanyak 14 siswa kelas eksperimen. Hasil pretest sebelum perlakuan menggunakan pendekatan active learning berbasis permainan ludo menunjukkan tes keterampilan menulis aksara Jawa mendapatkan rata-rata 51,5. Pada postest yang dilakukan setelah diberikan perlakuan mendapatkan rata-rata nilai 86,71. Hasil uji hipotesis yaitu diperoleh thitung = 28,205 dikorelasikan dengan ttabel = 1,771 menggunakan taraf signifikasi ꭤ = 0,05 dengan dk = 13. Apabila thitung = 28,205 > ttabel = 1,771 maka ada pengaruh pendekatan active learning berbasis permainan ludo terhadap keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas IV SDN 01 Nambangan Kidul.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...