EDUKASI
EDUKASI | Volume 15, Nomor 2, Agustus 2017

PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN TAKHFIDZUL QUR’AN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN KOTA TASIKMALAYA

Sumarsih Anwar (Balai Litbang Agama Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Tulisan ini menyajikan hasil penelitian tentang Pendidikan Takhfidzul Qur’an pada Anak Usia Sekolah Dasar. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Proses penyelenggaraan pendidikan Tahfidz al-Quran yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, pada Rumah Tahfidz,  Pesantren Tahfidz dan TPA/TPQ di Kota Tasikmalaya, dan 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraan pendidikan Takhfidzul Qur’an. Lokasi penelitian adalah di Kota Tasikmalaya, dengan sasaran penelitian adalah Pondok Pesantren Takhfidzul Qur’an, Rumah Takhfidz Darul Ilmi Cendekia, dan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA). Jenis penelitian adalah kualitatif, dilengkapi dengan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pondok pesantren dan TPQ, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan (pengendalian), tidak memperlihatkan perbedaan yang berarti. Ketiga lembaga sudah memiliki rumusan yang jelas tentang visi, misi, tujuan, target dan strategi pendidikan, adanya pemahaman dan kejelasan akan tujuan dan kewajiban dari para pengasuh, santri dan juga orang tua. Dalam proses pembelajaran Takhfidzul Qur’an, dengan menggunakan beberapa metode dan pendekatan, sehingga anak tetap gembira dan tidak ada paksaan, tercipta dalam lingkungan pendidikan terutama di pondok. Pengawasan dilakukan setiap saat dan pada waktu-waktu  tertentu yang sudah terprogram dengan jelas. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Focus: EDUKASI is a scientific journal dedicated to the study and research of Religion and Religious Education. It is committed to enriching and expanding the body of scientific knowledge relevant for policy-making and the advancement of theoretical and conceptual frameworks. The journal aims to ...