Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Media Digital Komik untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas 5

Finika Diah Risna (Universitas PGRI Madiun)
Sri Lestari (Universitas PGRI Madiun)
Dewi Tryanasari (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Dalam kurikulum Merdeka, siswa diminta untuk memahami materi teks eksplanasi dengan media komik berbantuan canva. Ini membutuhkan studi intensif bersama dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk dapat menulis. Komik adalah bentuk media komunikasi visual untuk menyampaikan informasi secara popular dan mudah dipahami (Tresnawati et al., 2016). Media digital komik merupakan media pembelajaran yang sangat evektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran berbantuan Canva.. Berdasarkan tabel validasi ahli materi, media digital komik mendapatkan jumlah skor 44 dari 13 butir pertanyaan. Dapat disimpulkan bahwa media digital komik dapat dikatakan “layak” dengan presentase kelayakan 84%.  Berdasarkan tabel validasi ahli media, media digital scrapbookmendapatkan jumlah skor 48 dari 14 butir pertanyaan. Dapat disimpulkan bahwa media digital komik masuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan presentase kelayakan 85%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...