Kemajuan abad 21 memberikan dampak besar dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya aspek pendidikan di Indonesia. Salah satu strategi yang di anggap efektif untuk diterapkan adalah penggunaan metode blended learning adalah perpaduan metode belajar tatap muka dan belajar secara online. Penerapan metode blended learning dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang pesat dalam pembelajaran di kelas seperti, sumber belajar dari internet berupa gambar, teks, video, suara, dan lain-lain yang mudah di akses pengajar dan siswa. Hasil belajar merupakan sebuah hasil dari perubahan tingkah laku yang terjadi setelah mengikuti proses pembelajaran dan hasil dari perubahan perilaku tersebut dapat diukur. Hasil belajar siswa bisa berupa tiga aspek. Yakni, aspek kognitif, aspek psikomotor, dan aspek afektif. Hasil belajar dapat dijadikan ukuran apakah siswa tersebut sudah berhasil dalam memahami materi yang disampaikan atau belum. Pada penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode blended learning terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2022