Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Analisis Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar

Lilik Listiarini (Universitas PGRI Madiun)
Ibadullah Malawi (Universitas PGRI Madiun)
Nur Samsiyah (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Kecakapan berpikir kreatif yaitu bagian dari aspek 4C yang perlu untuk dikuasai siswa pada abad dua puluh satu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menelaah model pembelajaran yang bisa membantu memupuk keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika jenjang sekolah dasar. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review dengan cara mengambil artikel dari Google Scholar dengan estimasi waktu 2018 hingga 2024 sebanyak 7 artikel. Artikel yang diambil sesuai dengan permasalahan analisis model pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Berdasarkan artikel yang dikaji memberikan hasil bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Pengajuan Dan Pemecahan Masalah (Jucama), Model Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (Savi), Model Rme (Realistic Mathematics Education), Model Brain Based Learning, Model Pembelajaran Treffinger, dan Model Project Based Learning dapat meningkatkan kecakapan berpikir kreatif matematis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...