Tujuan penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran roda pintar terhadap hasil belajar matematika kelas 4 sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, menggunakan desain Quasi Eksperimental Design dengan kegiatan pretest dan posttest yang dilakukan di SDN 02 Pandean Kota Madiun. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu pada kelas kontrol (4A) dan kelas eksperimen (4B). Teknik sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas 4 SDN 02 Pandean Kota Madiun, menunjukan terdapat adanya pengaruh penggunaan media roda pintar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini terlihat berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig. (2.tailed) < 0,005 ( 0,001 < 0,005).
Copyrights © 2023