Visi dan misi Kemendikbud untuk membentuk peserta didik menjadi peserta didik Pancasila yang memiliki nilai keimanan, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berpikir kritis, kebhinnekaan global, gotong royong, mandiri, dan kreatif merupakan bagian dari profil peserta didik Pancasila. . Sangat penting untuk mengimplementasikan visi dan misi ini di lembaga pendidikan. Profil kurikulum belajar mandiri mahasiswa Pancasila diharapkan dapat dimanfaatkan baik di kampus pengajaran maupun di program belajar mandiri. Melalui rangkaian tiga kegiatan kampus pengajaran tahun 2022, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai profil mahasiswa Pancasila. Penelitian ini bersifat kualitatif dan deskriptif. Metode studi dokumen dan kajian literatur digunakan untuk mengumpulkan data. Proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai profil siswa pancasila diterapkan melalui latihan gotong royong, latihan kemahiran dan berhitung, live in school dan pengarahan ketat Islam, bakti spanduk dan kumpul-kumpul sekolah. Upaya pemerintah Indonesia untuk mengimplementasikan pendidikan karakter di tingkat dasar dan perguruan tinggi terkait dengan profil siswa Pancasila.
Copyrights © 2023