Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0

Pengaruh model cooperative learning tipe think pair and share (TPS) berbantuan media question card terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV

Yustika Aisya Renata (Universitas PGRI Madiun)
Endang Sri Maruti (Universitas PGRI Madiun)
Nur Samsiyah (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperatif Learning tipe Think Pair and Share berbantuan media  Question Card terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV. Peneliti menggunkan metode kuantitatif, menggynkan strategi rancangan eksperimental semu (Quasi Experimental) dengan Nonequivalent Control group Design.  Pengujian menggunakan simple random sampling subyek penelitian ini adalah 17 siswa kelas IV di salah satu SDN Kecamatan Ngebel. Hasil penelitian dengan uji-t diketahui bahwa thitung= 3,329 dan ttabel = 1,697 dengan taraf signifikasi 0,05 atau 5% nilai thitung= 3,329 dan ttabel = 1,697 sehingga  ditolak dan   diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model Cooperatif Leraning tipe  Think Pair and Share (TPS)  berbantuan  media  Question Card  terhadap hasil belajar IPAS kelas IV.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...