Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Literasi Digital dalam Kerangka Blended Learning

Kurniawati Wahyu Utami (Universitas PGRI Madiun)
Ibadullah Malawi (Universitas PGRI Madiun)
Lingga Nico Pradana (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini berfokus dalam penerapan  model  pembelajaran blended learning untuk meningkatkan literasi digital. Tujuan penelitian ini peneliti ingin meningkatkan kemampuan literasi digital siswa sekolah dasar dengan penerapan pembelajaran blended learning sekaligus untuk mengurangi penularan virus Covid-19. Metode yang digunakan adalah metode dengan subjek siswa sekolah dasar kelas V yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi, penyajian data, dan  penarikan  kesimpulan. Instrumen menggunakan kuesioner atau angket literasi digital dan lembar observasi pembelajaran blended learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V dalam pembelajaran blended learning dapat meningkatkan kemampuan literasi digital siswa. Hal tersebut dilihat pada hasil penelitian dengan meningkatnya setiap pra siklus hingga siklus II sampai memenuhi kecakapan stadart literasi digital tingkat tinggi yang telah ditentukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...