Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Campuran

Reza Nurharista (Universitas PGRI Madiun)
Ibadullah Malawi (Universitas PGRI Madiun)
Octarina Hidayatus Sholihah (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan campuran kelas V dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan campuran di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan 5 siswa dari kelas V SDN 4 Ngadimulyo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal dari siswa. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari diri siswa sedangkan faktor eksternal dari siswa, faktor eksternal tersebut disebabkan oleh faktor dari luar diri siswa, meliputi kurangnya kreativitas guru dalam mengajar, penggunaan media pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana sekolah dan keluarga. Penelitian ini mengungkapkan kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan campuran yang disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar tersebut.     

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...