Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Studi Literatur: Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa

Nafira Salsabila (Universitas PGRI Madiun)
Fida Rahmatika Hadi (Universitas PGRI Madiun)
Tiara Intan Cahyaningtyas (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji beragam literatur pembelajaran dengan basis Project Based Learning (PjBL) terhadap ketrampilan berpikir kreatif siswa, selaras dengan tantangan Era Jaman sekarang bagi Indonesia, Terutama dalam sektor Pendidikan adalah untuk membentuk generasi muda yang memliki kemampuan berpikir kreatif, mampu menyelesaikan masalah, bijaksana dalam pengambilan keputusan, dan yang paling penting mampu bekerja dalam lingkup kelompok ataupun individu. Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka, di mana data didapatkan dari hasil analisis beberapa artikel yang membahas tentang pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek memiliki dampak yang signifikan terhadap ketrampilan berpikir siswa. Setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek, siswa mampu berpikir dengan lancar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh secara signifikan terhadap ketrampilan berfikir kreatif siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...