Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 1 (2018)

Konsep pendidikan karakter pada anak berkebutuhan khusus

Nela Rofisian (Universitas Widya Dharma Klaten)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2018

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan karakter bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah. Dalam pembelajaran, anak berkebutuhan khusus memiliki  karakter   berbeda dengan peserta didik normal. Untuk itu, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran  perlu disesuaikan dengan kebutuhan belajar agar proses pembelajaran bermakna bagi peserta didik. Pendidikan Inklusif bertujuan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada  semua peserta didik yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, dan sosial atau memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa  untuk memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Pendidikan karakter inklusif dapat diwujudkan dengan  mengaktualisasikan pembelajaran yang ditandai dengan pembelajaran ramah anak, berempati,  pembelajaran berpusat pada peserta didik, dan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar  peserta didik. Sekolah perlu melakukan identifikasi kebutuhan peserta didik, melengkapi sarana prasarana berbasis ABK dan aksesabilitas sekolah ramah anak. Kurikulum, pembelajaran, interaksi, serta penilaian pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...