Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Penerapan Jarimatika Berbantuan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian di Kelas IV SDN Pangongangan

Fevina Fayi Ayu Pradani (Universitas PGRI Madiun)
Endang Sri Maruti (Universitas PGRI Madiun)
Tunjung Dwi Untari (SDN Pangongangan)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode jarimatika berbantuan media pop up book pada pelajaran matematika materi volume kubus dan balok kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan menggunakan subjek sebanyak 26 peserta didik pada kelas IV. Penelitian ini menggunakan tindakan berupa tahapan pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Hasil penelitian berdasarkan hasil belajar dari siklus 1 memiliki ketuntasan sebesar 69% pada siklus 2 menjadi 88%. Penurunan peserta didik yang belum mengalami ketuntasan dari 31% menjadi 12%. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode jarimatika dengam berbantuan media pop up book  berdampak positif pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...