Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental. Desain penelitian menggunakan one-group-pretest-posttest. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Sogaten. Teknik pengamblan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest-posttest). Instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan uji alpha. Analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas) dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data yang selesai dilakukan, disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Hal ini dinyatakan dengan hasil hipotesis, ditemukan bahwa Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Copyrights © 2024