Telah berhasil dikembangkan asesmen berbasis komputer model drill and practice materi inti atom untuk siswa SMA yang valid, praktis, dan reliabel. Metode penelitian yang digunakan adalah model Rowntree yang terdiri dari 3 tahap pengembangan yaitu: (1) perencanaan, (2) pengembangan, dan (3) evaluasi. Evaluasi yang digunakan adalah formative evaluation Tessmer untuk mengetahui kelayakan dari asesmen yang telah dikembangkan. Formative evaluation terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) self evaluation, (2) expert review, (3) one-to-one evaluation, (4) small group evaluation, dan (5) field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah walktrough, tes, dan angket. Berdasarkan penelitian expert review, didapatkan rerata persentase sebesar 85,4 % dan dikategorikan valid. Pada tahap one-to-one didapatkan rerata persentase sebesar 81,1 % dan dikategorikan praktis. Pada tahap small group didapatkan rerata persentase sebesar 84,4 % dan dikategorikan praktis. Pada tahap field test, didapatkan tingkat reliabilitas sebesar 0,8 dan dikategorikan tinggi. Dapat disimpulkan bahwa asesmen berbasis komputer model drill and practice materi inti atom untuk siswa SMA dinyatakan valid, praktis dan reliabel. Peneliti menyarankan untuk mengembangkan asesmen berbasis komputer model drill and practice pada materi yang lain sebagai latihan untuk ujian nasional berbasis komputer.
Copyrights © 2016