Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 3, No 1/april (2012): JP2F

PENGARUH PENGGUNAKAN LEMBAR KERJA DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Kurniawan, Tri Joko (Unknown)
Siswanto, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2012

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untukmengetahui apakah penggunaan lembar kerja dengan pendekataninduktif memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuanberpikir kritis dan kreatif siswa dari pada penggunaan lembar kerjayang biasa dipakai di sekolah dalam pembelajaran fisika pokokbahasan gelombang elektromagnetik. Sampel dari penelitian iniadalah kelas X-F yang berjumlah 36 siswa, dan X-G yang berjumlah36 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwapembelajaran dengan penggunaan lembar kerja dengan pendekataninduktif memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuanberpikir kritis dan kreatif siswa dari pada penggunaan lembar kerjayang biasa dipakai di sekolah dalam pembelajaran fisika.Kata kunci : lembar kerja, pendekatan induktif, berbikir kritis,berpikir kreatif

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...