Simplex merupakan salah satu materi pada mata kuliah program linier. Karakteristik materi simplex yang membutuhkan pemahaman, ketelitian dan ketrampilan dalam operasi bilangan membuat mahasiswa kesulitan dalam memahami materi simplex, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitaif yang terdiri dari 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika Universitas muhammadiyah Semarang. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjuhkan keaktifan mahasiswa pada siklus I sebesar 55,5% kategori Baik, 33,3% kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 86,6% kategori baik dan 14,6% kategori cukup. Hasil ini menunjuhkan terjadi peningkatan keaktifan mahasiswa sebesar 31,1%. Persentase ketuntasan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa mengalami peningkatan dari 66,7%  pada siklus 1 menjadi 86,7% pada siklus 2, atau meningkatan sebesar 25%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TGT efektif untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa materi simplex Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, TGT, kemampuan pemecahan masalah, keaktifan
Copyrights © 2014