AKSIOMA
Vol 5, No 2/september (2014): aksioma

PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DENGAN ASESMEN BERNUANSA PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Diah Pramesti, Santika Lya (Unknown)
., Wardono (Unknown)
., Masrukan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2015

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran realistik Indonesia dengan asesmen bernuansa Programme For International Student Assessment (PISA). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan antara lain: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) , Buku Siswa, dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Bernuansa PISA.Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia dengan asesmen bernuansa PISA. (2) Memperoleh perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia denga asesmen bernuansa PISA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilaksanaka di SMPN 2 Ungaran kelas VIII pada tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian menggunakan 4D Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3D, yakni: define, design, and develop. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia dengan asesmen bernuansa PISA yang valid. Pelaksanaan uji coba perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia dengan asesmen bernuansa PISA menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran praktis dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, PMRI, PISA, Pemecahan Masalah

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...