PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PEKERJA DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN BATAM

Yulia, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2015

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan gaya belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pekerja di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan Batam. Penelitian ini merupakan Penelitian Assosiatif. Partisipan penelitian adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan semester VI Universitas Riau Kepulauan Batam. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas A Jurusan Pendidikan Matematika, Kelas D Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Kelas A Jurusan Pendidikan Biologi. Instrumen penelitian terdiri dari angket dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Didapat hasil penelitian sebagai berikut. (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar mahasiswa pekerja di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan dengan nilai r = 0,98 . (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pekerja di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan dengan nilai  r = 0,97. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan gaya belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pekerja di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan dengan r = 0,981. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi dan gaya belajar mahasiswa pekerja memiliki hubungan yang signifikan dan positif terhadap prestasi belajar mahasiswa pekerja di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan Batam.Kata Kunci: motivasi berprestasi, gaya belajar, prestasi belajar AbstractThis study aimed to determine the relationship between achievement motivation and learning styles and academic achievement of students working in the Faculty of Education University of Batam Riau Islands. This study is an associative research. Study participants were students of the Faculty of Education, University of Riau Islands VI semester Batam. This research was conducted at the Department of Mathematics Education Class A, Class D English Department and Class A Department of Biology Education. The research instrument consisted of a questionnaire and documentation. Technical analysis of the data is done by testing normality, linearity test and test hypotheses. Obtained the following results. (1) There is a significant relationship between achievement motivation and achievement of students working in the Faculty of Education, University of Riau Islands by the value of r = 0.98. (2) There is a significant relationship between learning styles and academic achievement of students working in the Faculty of Education, University of Riau Islands by the value of r = 0.97. (3) There is a significant relationship between achievement motivation and learning styles and academic achievement of students working in the Faculty of Education, University of Riau Islands with r = 0.981. Based on the above results, it can be concluded that the achievement motivation and learning styles of students workers have a significant and positive relationship towards the achievement of students working in the Faculty of Education University of Batam Riau Islands.Keywords: achievement motivation, learning styles, learning achievement

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...